Gaya Hidup Anak Zaman Sekarang | Cerita Kehidupan

Thursday, 29 November 2012

Gaya Hidup Anak Zaman Sekarang

Advertisement
Jika kita melihat perkembangan cara bergaul anak zaman sekarang memanglah sangat memprihatinkan, kehidupan malam,sex bebas dan obat-obatan serasa sudah tidak asing lagi bagi kalangan anak muda sekarang.

Semua itu mereka lakukan untuk melepaskan rasa sepi,atau mencari sesuatu yang bisa membuat hatinya bahagia, yang mana pada akhirnya itu akan membuat mereka sakit sendiri dan akibatnya keluargalah yang akan menanggung semua itu, kebanyakan anak muda sekarang bisa terjerumus dalam pergaulan yang bebas seperti itu dikarnakan akan beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya, diantaranya adalah :

1. Faktor keluarga.
Faktor keluarga merupakan aspek yang penting dalam perkembangan mental dan cara bergaul seorang anak, dimana peran orang tualah yang sangat berperan penting dalam aspek ini, kebanyakan seorang anak akan melampiaskan kesendiriannya dengan cara keluar malam ataupun mengkomsumsi minuman beralkohol dikarnakan kurangnya perhatian akan kedua orang tua mereka, yang menyebabkan mental dan tingkah laku seorang anak lebih menjadi mudah marah dan menjadi anak pemberontak,semua itu dikarnakan akan kurangnya kasih sayang akan orang tua mereka.

Jikalau para orang tua mau dan mengerti sedikit saja akan kebutuhan seorang anak, mungkin kejadian -kejadian itu tidak akan terjadi atau paling tidak bisa mengurangi cara pandang seorang anak dalam bergaul. jadi intinya peran orang tua sangatlah penting dan dibutuhkan dalam mengontrol tingkah laku ataupun cara bergaul seorang anak.

2. Faktor lingkungan.
Faktor lingkungan juga bisa menjadi faktor yang riskan dalam menentukan cara bagaimana seorang anak tersebut bergaul, kebanyakan seorang anak akan terpengaruh dengan lingkungan yang ada disekitarnya, jikalau lingkungan disekitar tidaklah baik untuk perkembangan seorang anak , alangkah baiknya agar para orang tua untuk selalu senantiasa memantau perkembangan anak, agar tidak terjerumus kejalan yang tidak benar.

3. Faktor teman.
Seorang teman sangatlah berpengaruh dalam cara bergaul seorang anak, jikalau teman bergaulnya melangkah kejalan yang positif, itu bagus, namun jikalau sebaliknya maka cepat atau lambat sianak akan ikut-ikutan berprilaku seperti teman bergaulnya. namun semua itu tergantung dari pribadi si anak tersebut, jikalau kita mempunyai prinsip ataupun pegangan dalam hidup, dengan siapapun kita bergaul insyaallah kita akan selalu dilindungi, namun jikalau kita tidak mempunyai pegangan kita akan seperti layang-layang yang yang putus dari benangnya, yang akan ikut kemana angin membawanya, begitu pula seorang anak yang tidak mempunyai pegangan dalam hidupnya. memang benar dalam bergaul kita tidak boleh pilih-pilih, entah itu kaya ataupun miskin, saya rasa semua itu sama saja, yang terpenting kita bisa saling mengingatkan antar sesama teman, jikalau apa yang dilakukan teman kita itu sudah melangkah jauh diluar jalur yang seharusnya, itulah gunanya teman sebenarnya atau bisa dikatakan teman sejati, bukan malah menjerumuskan.

Namun dalam membentuk seorang anak yang mempunyai prinsip ataupun pegangan dalam hidup, semua itu tidak terlepas dari peran orang tua dan ilmu agama, karna itu peran orang tualah yang sangat penting dalam membentuk mental seorang anak agar sekiranya sianak mempunyai mental yang kuat dalam menjalani hidup. jikalau seorang anak sudah mempunyai prinsip dalam hidup insyaalah dimanapun ia berada dan bergaul dengan siapapun dia akan bisa menjalaninya dengan baik.

No comments :

Post a Comment