Event Organizer Contoh Struktur Organisasi | Cerita Kehidupan

Tuesday, 26 March 2013

Event Organizer Contoh Struktur Organisasi

Advertisement
Event Organizer Contoh Struktur Organisasi, jika kita berbicara mengenai Event Organizer pastinya tidak terlepas dengan acara pertunjukan ataupun hiburan, Event Organizer atau EO sendiri memiliki tugas sebagai penyedia jasa ahli dalam bidang penyelenggara sebuah acara pertunjukan, entah itu sebuah event hiburan ataupun event pameran.

Di indonesia sendiri jasa dari seorang Eo sangat dibutuhkan saat ini, atau boleh dibilang sangat dicari, terutama di kota-kota besar, semua itu disebabkan karena mereka yang membutuhkan jasa Eo tidak mau menambah beban pekerjaan mereka dan agar lebih terkontrol, maka dari itu jasa eo ini sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan saat ini, terutama untuk kalangan menengah ke atas, untuk tugas dari seorang Event Organizer adalah membantu para klien atau costumernya dalam menyelenggarakan sebuah acara atau event sesuai dengan keinginan mereka ataupun dari pihak Event Organizer sendiri, jikalau si penyewa tidak memiliki gambaran tentang acara yang akan diselenggarakan.

Didalam Event Organizer ada beberapa jenis dari eo diantaranya adalah :

1. One Stop Service Agency : yaitu sebuah EO yang memanage sebuah event besar yang berskala internasional.
2. MICE : Event Organizer ini hanya bergerak dibidang tertentu saja atau dalam lingkup acara meeting saja.
3. Musik dan Hiburan : Hanya dalam lingkup acara2 hiburan dan musik.
4. Pernikahan : Khusus Untuk acara pernikahan
5. Ulang tahun : Khusus acara ulang tahun
6. Pribadi : untuk acara pribadi seperti pesta

Sedangkan untuk Contoh dari Struktur Organisasinya yang ada Eo sebagai berikut :
1. Project Officer / Event Manager Memiliki tanggung jawab terhadap kelancaran dan kesuksesan event, Mulai dari perencanaan hingga event selesai.
2. Petugas lapangan, mempunyai tugas untuk menangani persiapan venue, promosi, perijinan, keamanan, konsumsi, pengadaan perlengkapan, keuangan, kesekretariatan dan sebagainya.
3. Petugas talent, bertanggung jawab Menangani pekerjaan yang berhubungan dengan talents/artis/pengisi acara, mulai dari negosiasi waktu, honor, membuat MOU sampai pada kebutuhan artis saat pentas, transportasi, konsumsi, akomodasi dan lain – lainnya.
4. Show Director, Show Director adalah yang bertanggungjawab terhadap kualitas sajian acara, baik dari segi artistik maupun kenyamanan audiens. Biasanya Show Director akan memiliki tim yang terdiri dari Art Director, Stage Manager, Sound Engineer, Lightingman, Security dan Runner
5. Art Director, Bertanggungjawab terhadap permasalahan artistik, seperti tampilan panggung, dekorasi, dan efek – efek lainnya yang berhubungan dengan estetika.
6. Stage Manager, Bertanggungjawab terhadap kelancaran acara. Stage Manager akan mengatur kemunculan talents sesuai rundown dan mengendalikan waktu tampil.
7. Sound Engineer/Soundman, Bertanggungjawab terhadap kontrol kualitas sound system.
8. Lightingman, Bertanggungjawab terhadap kontrol kualitas lighting.
9.Security, Bertanggungjawab terhadap seluruh keamanan acara dari mulai lokasi, jalannya acara, dan pihak lain – lain yang terkait.
10. Runner, bertugas serabutan, menjadi penghubung antara Show Director dengan pihak – pihak lainnya.
11. Client Service, Bertanggungjawab sebagai penghubung antara klien sebagai sponsor/penyandang dana kepada Show Director dan Project officer. Client Service ini akan menemani klien dari sejak klien tersebut hadir di arena event hingga pulang dengan kepuasan.

Event Organizer Contoh Struktur Organisasi

No comments :

Post a Comment